Friday 26 July 2013

Situs yang menyediakan fasilitas free sitemap maker

,


Sitemap berfungsi sebagai penunjuk arah bagi search engine ataupun pengunjung untuk mengetahui link-link yang ada dalam sebuah situs. Keberadaan sitemap sangat penting bagi SEO sebuah website karena sitemap juga sering diindeks oleh mesin pencari jika mereka ingin mengindeks laman kita. Google Webmaster ataupun Bing Webmaster juga sudah memiliki fasilitas pengindeks sitemap di layanan mereka. Namun kalau kita tidak tahu bagaimana cara membuat sitemap yang baik dan benar, ujung-ujungnya kita malah akan merusak sitemap kita. Jika kita tidak mempunyai pengetahuan tentang cara membuat sitemap lebih baik kita memanfaatkan layanan free sitemap maker yang banyak tersedia di internet. 
Di tutorial sebelumnya terkait tentang sitemap yang ada di sini hanya membahas tentang cara memasukkan sitemap/peta situs ke Google Webmaster Tools yang menggunakan fasilitas Feedburner dari Google, misalnya Blogger. Berbeda lagi jika kita tidak menggunakan layanan tersebut. Kali ini kita akan membahas tentang berbagai situs yang menyediakan fasilitas sitemap gratis bagi para webmaster. Berikut situs-situs yang menyediakan layanan free sitemap maker :
XML Sitemaps merupakan salah satu situs yang menyediakan free sitemap maker bagi para webmaster. Layanan di situs ini dapat digunakan secara free/gratis, namun ada batasan tertentu. Jika kamu ingin layanan yang lebih, kamu dapat menggunakan layanan PRO yang berbayar.
Layanan free sitemap maker di situs ini juga gratis digunakan oleh webmaster, namun terdapat batasan bagi laman yang diindeks sekitar 3500 laman atau saat-saat server sedang overload. Namun begitu, jumlah tersebut sudah mencukupi bagi website yang tidak terlalu banyak mempunyai laman di dalamnya.
3. SitemapDoc - XML Sitemap Generator and Editor
Layanan free sitemap maker yang ada di situs ini dapat disesuaikan dengan konten di website kita. Selain page/laman website, free site maker di situs ini juga dapat mengindeks HTML Map, RSS dan Gambar. 
4. XmlSitemapGenerator
Situs ini mampu membuat sitemap gratis yang compatible bagi Google Yahoo Bing dan Ask jadi lebih banyak mudah untuk masuk ke berbagai search engine besar. Kita dapat memilih sendiri jenis laman yang akan diindeks misalnya html, shtml, php dan lainnya.
Layanan di situs ini juga tidak kalah dengan situs free sitemap maker lainnya diatas. Untuk membuat sitemap di situs ini sangat mudah, kita tinggal isi kolom yang tersedia dengan benar. Namun jumlah laman yang diindeks sekitar 1000 laman, lebih kecil dari situs-situs diatas.
Layanan yang disediakan oleh W Global ini juga termasuk gratis. Fasilitas di situs ini dapat mengindeks laman tanpa ada batasan berapa jumlah laman yang di indeks (unlimited) namun jika kita ingin mengindeks video atau gambar kita harus menjadi member di situs tersebut. Banyak juga perbedaan fasilitas free dan member, namun untuk fasilitas free saja sudah bisa dibilang bagus bagi webmaster.
Situs ini juga menyediakan fasilitas free sitemap maker, namun kita harus menjadi salah satu member disitus ini dengan mengisi username dan password. Walaupun bergitu, untuk menjadi member disitus ini sangat mudah yaitu dengan mengisi informasi sederhana terkait akun yang ingin kita buat.
Walaupun sederhana, namun adanya sitemap di website kita sangat bermanfaat terutama di mata search engine. Berikut penjelasan lain tentang sitemap yang dapat dijadikan referensi.

0 komentar to “Situs yang menyediakan fasilitas free sitemap maker”

Post a Comment

 
Web Analytics